Rabu, 25 Januari 2017

Manfaat Jaringan Komputer


           1. Resource Sharing

Resource Sharing adalah penggunaan sumber daya yang bisa dilakukan secara bersama-sama.
Contoh, manfaat jaringan komputer dapat dirasakan oleh seorang pengguna komputer yang berada ratusan kilometer jauhnya dari suatu data. Tak perlu repot-repot menghampiri data tersebut atau meminta orang lain untuk mengirimkannya lewat media pengiriman fisik, ia hanya perlu masuk ke dalam jaringan dan menggunakan data tersebut seolah-olah data itu memang berada didekatnya. 

2. Hardware Sharing

Dengan adanya jaringan komputer penggunaan hardware secara bersama-sama dapat dengan mudah dilakukan. Salah satu contoh, sebuah perusahaan yang memiliki 10 orang pegawai tidak perlu repot-repot membeli 10 printer juga untuk memfasilitasi keperluan kerja para pegawainya. Kondisi ini terjadi karena jaringan komputer memungkinkan setiap pegawai untuk bisa saling berbagi menggunakan printer, dengan data (yang ingin dicetak) dapat diakses dari komputer manapun dalam satu kantor. Tak hanya printer, konsep serupa juga berlaku pada beberapa perangkat keras lainnya seperti scanner, plotter, dan beberapa perangkat lainnya.

3. Reliabilitas Tinggi

Dengan adanya jaringan komputer, kita bisa mendapatkan reliabilitas yang tinggi karena memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Salah satu contoh, semua file dapat disimpan atau dicopy sekaligus ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi dalam jaringan. Dengan begitu maka jika salah satu mesin rusak, data yang dibutuhkan tak mungkin hilang karena salinannya masih aman di komputer lain. 

4. Menghemat Biaya

Dengan adanya jaringan komputer, maka biaya transportasi pastinya akan menjadi terpotong jauh. Misalnya saja ketika seseorang harus mengambil data dari kantor cabang di luar pulau, maka tanpa perlu mengeluarkan cost biaya perjalanan ke luar pulau, data tersebut bisa diperoleh dengan sekali klik. 

5. Email 

Dengan adanya email, hanya dengan sekali klik dan dalam waktu kurang dari 1 detik, anda sudah bisa mengirimkan email ke siap saja melalui jaringan komputer.  

6. Social Media

Social Media merupakan salah satu produk unggulan dari jaringan komputer saat ini. Dengan adanya sosial media, maka hampir semua informasi dapat diperoleh secara mudah dan juga cepat. Mula dari berita terbaru, status pertemanan, kondisi seseorang, hingga lokasi seseorang bisa dilacak juga dengan menggunakan sosial media. 

7. Chatting 

Chatting hingga saat ini menjadi salah satu pilihan utama dalam berkomunikasi. Ya, biaya chatting yang cenderung jauh lebih murah dibandingakn degnan biaya SMS biasa membuat chatting saat ini menjadi pilihan utama. Dengan chatting anda bisa melakukan obrolan dengan siapa saj dengan mudah, dan pastinya tanpa memerlukan biaya yang sangat besar. 

8. E-Commerce 

Di samping sosial media, e-commerce saat ini juga sangat diminati dan banyak digunakan oleh user. E-commerce merupakan suatu proses transaksi jual beli yang dilakukan secara elektronik. Hal ini banyak dilakukan oleh online shop yang banyak bertebaran saat ini. Anda dapat membeli banyak barang dengan mudah, hanya dengan sekali klik, bahkan anda pun bisa membayar tagihan dan juga biaya dengan menggunakan e-commerce ini. 

Selain itu, e-commerce juga bisa dimanfaatkan untuk memesan makanan, minuman, transportasi, booking hotel, dan masih banyak lagi. Fitur – fitur e-commerce ini tentu saja akan sangat memberikan kenyamanan bagi para usernya untuk membeli sesuatu.

9. Kepentingan Bermain Games

Jaringan komputer juga masih sangat populer untuk bermain game. Ya, baik itu game offline maupun online, banyak yang membutuhkan koneksi jaringan komputer untuk bermain. Biasanya, hal ini muncul pada game – game yang memiliki fitur multiplater. Anda bisa mngkoneksikan baik itu ke dalam jaringan LAN, maupun jaringan internet untuk bisa bermain game tersebut.

10. Mencari Informasi Khusus

Bagi anda yang merupakan seorang pelajar, ataupun seseorang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, maka jaringan komputer sangat bermanfaat abgi anda. Anda dapat mencari informasi – informasi khusus dengan menggunakan jaringan komputer. Anda bisa saja menggunakan internet untuk mencari informasi – informasi khsusu, atau anda juga bisa memanfaatkan jaringan yang ada di dalam sebuah perpustakaan untuk mencari katalog dan informasi – informasi khsusus mengenai koleksi perpustakaan tersebut. 

11. Update Berita Dan Perkembangan Terbaru Di Seluruh Belahan Dunia 

Manfaat lainnya dari jaringan komputer, terutama jaringan internet adalah mengenai update informasi dan juga berita. Ya, saat ini kita dapat dengan mudah memperoleh informasi dan juga berita terbaru, cukup dengan menggunakan teknologi internet. Anda bisa membuka portal – portal berita, yang menyediakan berita yang akurat, tajam, dan juga terpercaya, sehingga dapat membantu menambah wawasan anda semua.  

12. Video Call Dan Video Conference

Saat ini pemanggilan telepon dengan menggunakan fitur video juga sudah menjadi salah satu kemudahan yang ditawarkan kepada masyarakat luas. Dengan saling terubung ke dalam jarinan, baik internet maupun jaringan lokal, maka banyak orang bisa saling terhubung dan juga berkompunikasi dengan menggunakan video call dan juga video conference. 

13. Internet Telephone 

Pada awalnya telepon hanya bisa dilakukan oleh jaringan telekomunikasi, dan blum bisa digunakan oleh jaringan kompute. Namun demikian, berkat perkembangan jaman, saat inijaringan komputer pun sudah bisa dimanfaatkan untuk melakukan panggilan. Hal ini terjadi pada jaringan internet, dimana anda bisa melakukan panggilan dengan menggunakan fitur internet telephone, sehingga anda tidak perlu menghabiskan banyak pulsa untuk melakukan panggilan ke luar kota dan juga luar negeri. 

0 komentar:

Posting Komentar