Sabtu, 27 Januari 2018

Pengertian Website

Pengertian Website, Fungsi Kegunaan Website Serta Macam-Macam Jenis Website


Hasil gambar untuk website

Untuk menemukan sebuah informasi, internet adalah tempat yang tepat. Dan ketika berbicara masalah internet kita tidak bisa melepaskannya dari website. Kedua hal ini punya hubungan yang sangat erat dan sulit untuk dipisahkan. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan website.

Ketika kalian terdampar di sebuah website seperti tkjsmkalma.blogspot.co.id ini, apa yang kalian lihat? Tentunya ada banyak sekali halaman yang berisi berbagai konten. Nah mungkin itu bisa memberikan kalian gambaran tentang apa sebenarnya website itu. Secara sederhana, website bisa didefinisikan sebagai kumpulan halaman yang memuat berbagai bentuk data dan informasi baik itu berupa teks, gambar, video maupun yang lainnya. Semua halaman yang berisi informasi tersebut umumnya tersambung satu sama lain menggunakan sebuah hyperlink.
Pengertian lain dari website juga bisa disebutkan sebagai halaman yang berisi informasi dan terkumpul dalam sebuah sub domain maupun domain yang mana bisa diakses melalui internet. Biasanya sebuah website itu disusun dengan bahasa pemrograman yang bervariasi seperti HTML, CSS, PHP dll. Jika pengguna ingin pergi ke suatu website maka mereka bisa menggunakan sebuah url tertentu yang akan mengantarkan mereka kesana.

Fungsi Serta Kegunaan dari Website

Untuk membangun sebuah website sebenarnya bisa dibilang mudah sekaligus sulit. Nah tentu bagi mereka yang memutuskan untuk membuat website memiliki sebuah tujuan tertentu. Apa saja sih manfaat dan kegunaan yang bisa kita dapatkan dari sebuah website? Berikut ini penjelasannya :
  • Sebagai sarana untuk mempromosikan sebuah produk atau barang dagangan. Dengan memanfaatkan internet yang mempunyai jangkauan luas, promosi melalui website merupakan salah satu cara paling efektif dan banyak disukai.
  • Sebagai tempat interaksi bagi penjual maupun pelanggan, melalui sebuah website maka komunikasi antara pelanggan yang jaraknya jauh pun bisa dilakukan dengan mudah.
  • Sebagai media untuk berbagi informasi, di dalam sebuah website akan terdapat berbagai macam informasi yang mungkin dibutuhkan oleh orang lain.

Jenis dan Macam Website

Website sendiri ada beberapa jenisnya, namun biasanya jenis website dibedakan menjadi 3 macam sebagai berikut ini :

#1. Website Statis
Seperti namanya, jenis yang satu ini bersifat statis yang mana artinya setiap halaman yang ada disana tidak berubah-ubah. Setiap kali seorang pengguna mengakses website statis maka mereka akan disajikan tampilan yang sama. Namun interface maupun tampilan dari website statis pun bisa diubah melalui pengeditan terhadap kode baik itu yang berupa HTML, CSS maupun Javascript.

#2.  Website Dinamis
Ini adalah kebalikan dari yang nomer 1, disini website akan bersifat dinamis yang mana tampilan serta konten yang disajikan berubah-ubah. Website dinamis mampu melakukan interaksi dengan pengguna lebih baik daripada website statis. Pemilik juga akan lebih mudah melakukan perubahan baik itu dalam hal konten maupun tampilan. Umumnya situs berita akan menggunakan jenis website dinamis ini.

#3. Website Interaktif
Untuk jenis ini maka kenggulannya adalah pada interaksi, disini para pengguna bisa melakukan interaksi dengan pengguna lainnya. Website jenis ini memang dirancang sebagai tempat berkumpulnya orang-orang dengan tujuan yang sama agar bisa melakukan diskusi atau semacamnya. Sebuah forum adalah contoh mudah dari website interaktif, disana akan ada banyak pengguna yang mendiskusikan sesuatu.

0 komentar:

Posting Komentar